Rabu, 22 November 2023

Mengenal Blog dan Manfaat Blog


Mengenal Blog dan Manfaat Blog

Di zaman sekarang ini dimana teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan sangat pesat, tentunya istilah blog sudah tidak asing lagi. Blog merupakan singkatan dari web blog merupakan halaman berbasis website yang memuat tulisan-tulisan yang bisa juga disertai dengan gambar dan juga video yang menampilan berbagai informasi pada topik tertentu misalnya blog MTs  Islamiyah dengan alamat www.mtsjamiyahislamiyah.sch.id merupakan blog untuk madrasah yang menampilkan berita tentang madrasah dan juga seputar informasi pendidikan dan ilmu pengetahuan.  Pada awalnya blog lebih mirip seperti catatan harian seseorang yang berisi tentang cerita sehari-hari atau hal-hal yang dilakukan pada hari tersebut. Seiring dengan perkembangan zaman blog digunakan secara luas untuk berbagai keperluan di berbagai bidang. 

Halaman blog bersifat dinamis artinya diperbaharui secara berkala oleh pemiliknya. Pada saat ini blog bisa saja menjadi bagian dari sebuah website, artinya di dalam website terdapat halaman (page) yang memuat berbagai postingan blog contohnya pada halaman website MTs Jam'iyah Islamiyah yang dapat diakses melalui alamat https://mts.mji.sch.id terdapat bagian yang berisikan postingan blog. Perbedaan utama blog dan website yaitu jika blog bersifat dinamis dengan konten yang diposting secara berkala sedangkan website lebih bersifat statis dengan isi website yang diperbaharui dalam waktu yang lebih lama. 

Pada saat ini banyak sekali situs atau flatform yang dapat digunakan untuk membuat blog secara gratis ataupun berbayar. Sebagian besar situs terdapat pilihan pembuatan blog secara gratis yang tentunya memiliki batasan-batasan seperti nama domain yang biasanya mencantukan nama situs pembuatnya misalnya .blogspot.com, fitur-fitur template yang dibatasi dan berbagai batasan lainnya. Bagi pemula tentunya dapat mencoba dengan pilihan gratis terlebih dahulu, setelah blognya memiliki konten yang banyak dan pengunjungnya meningkat serta berpeluang untuk menghasilkan uang selanjutnya bisa mencoba ke pilihan blog yang berbayar. Berikut ini merupakan 10 situs terbaik yang digunakan untuk membuat blog yaitu sebagai berikut:

  1. WordPress.com Platform blogging gratis terbaik
  2. WordPress.org Platform terbaik untuk professional blogger
  3. Medium.com Platform sederhana untuk menulis
  4. Blogger.com Platform blogging dari Google
  5. Tumblr.com Situs microblogging terbaik
  6. Wix.com Pembuat situs web blog terbaik untuk pemula
  7. Ghost.org Alternatif WordPress terbaik
  8. Postach.io Blogging didukung oleh Evernote
  9. Weebly.com Flatform blogging dengan cara drag and drop
  10. Typepad.com Flatform bloging untuk bisnis dan jurnalis


Struktur Blog


Secara umum ada 4 manfaat blog, yaitu sebagai berikut:

1. Meningkatkan rangking pencarian pada search engine

Sebuah lembaga atau institusi ataupun personal yang memiliki blog tentunya akan dikenali oleh search engine misalnya Google. Pengalaman kami dari MTs Jam'iyah Islamiyah sebelum adanya website dan Webblog ketika mengetikan nama MTs Jam'iyah Islamiyah di Google tidak ditemukan nama lembaga tersebut, namun sekarang semenjak aktif membuat postingan dan juga berbagai informasi di Website dan Webblog ketika dilakukan pencarian dengan keyword MTs Jam'iyah Islamiyah maka akan langsung dapat nama lembaga tersebut pada peringkat pertama pencarian seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


2. Tempat penyampaian informasi untuk topik tertentu dan meningkatkan kredibilitas lembaga

Sebuah blog juga dimanfaatkan sebagai tempat (wadah) untuk penyampaian berbagai informasi dan juga sumber-sumber data yang bisa diakses oleh pengguna blog. Blog juga dapat meningkatkan kredibilitas lembaga dengan penyampaian informasi yang lengkap kepada para pengunjung (audiens) blog. Sebagai contoh Blog MTs Jam'iyah Islamiyah dipergunakan untuk menyampaikan informasi kepada para siswa, guru dan tenaga kependidikan, orang tua siswa dan masyarakat seputar hal-hal pendidikan dan pembelajaran di MTs Jam'iyah Islamiyah. Selain itu juga di Blog MTs Jam'iyah Islamiyah dilengkapi dengan menu Pustaka yang berisikan akses sumber bacaan (buku elektronik) bagi siswa dan guru serta siapa saja yang membutuhkan sumber bacaan tersebut. Website dan Webblog MTs Jam'iyah Islamiyah dilengkapi dengan menu Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) untuk memudahkan pelayanan kepada para siswa dan guru serta tenaga kependidikan.

3. Untuk menarik pengunjung dan menjadikannya sebagai prospek

Pengunjung blog merupakan orang-orang yang dapat dijadikan prospek bagi institusi atau lembaga. Hal tersebut dikarenakan melalui blog tentunya ada unsur promosi yang disematkan pada blog tersebut, sehingga semakin banyak pembaca pada suatu blog tentunya semakin banyak personal yang bisa bergabung atau menjadi prospek bagi lembaga tersebut.

4. Menumbuhkan komunitas online dan sarana komunikasi dengan audiens

Pada saat ini blog dengan mudah dapat dihubungkan dengan berbagai aplikasi sosial media misalnya Facebook, Youtube, WhatsApp, Telegram, Instagram, Twitter, Telegram dan berbagai media sosial lainnya, melalui link-link tersebut dapat membangun komunitas dan komunikasi dengan audiens atau pengunjung blog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar