Rabu, 22 November 2023

30 Cara Kreatif Menggunakan Padlet untuk Guru dan Siswa

 

30 Cara Kreatif Menggunakan Padlet untuk Guru dan Siswa

Saya selalu bersemangat saat menggunakan Padlet. Apakah antarmuka, cara segala sesuatu dirancang, tujuannya atau fakta bahwa saya mengatur segala sesuatunya dengan lancar? Aku tidak tahu. Itu hanya membuatku bahagia.

Dan hari ini aku akan berusaha membuatmu bahagia juga. Bagaimana papan Post-it online ini dapat membuat hari Anda menyenangkan? Bagaimana cara menggunakan Padlet di kelas Anda? Apa ide pelajaran terbaik dengan padlet? Bagaimana Anda bisa menggunakan Padlet di kelas SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA? aku akan memberitahumu segera…

Tapi pertama-tama:

Apa itu Padlet?

Padlet dapat digunakan oleh siswa dan guru. Dengan padlet Anda dapat membuat papan tempel online yang dapat Anda bagikan dengan siswa atau guru mana pun yang Anda inginkan. Beri mereka tautan Padlet yang unik. Padlet memungkinkan Anda untuk memasukkan ide secara anonim atau dengan nama Anda. Sangat mudah digunakan dan sangat berguna.

Siapa pun yang membuka papan Padlet di smartphone atau komputernya, dapat melihat apa yang ada di dalamnya dan apa yang ditulis semua orang. Siswa hanya perlu mengambil perangkat dan mulai menambahkan catatan tempel kecil secara online. Mereka dapat melihat semua ide yang terkumpul di papan guru dengan segera.


Bagaimana cara menggunakan Padlet?

Menggunakan Padlet di kelas itu mudah. Anda dapat menginstal aplikasi Padlet untuk Apple atau Android di ponsel Anda atau cukup kunjungi situs web Padlet .

Di sini Anda membuat akun dan membuat papan pertama Anda. Setelah itu diselesaikan, Anda harus memberikan papan kepada siswa Anda. Berbagi papan Padlet itu mudah; pilih kode QR atau tautan. Ada lebih banyak opsi berbagi, tetapi keduanya adalah yang paling jelas.

Biarkan siswa Anda menyisipkan tautan di browser atau di aplikasi Padlet. Mereka dapat 'melanjutkan sebagai tamu' sehingga mereka hanya perlu memindai kode qr dengan aplikasi Padlet atau mengetikkan URL, tanpa membuat akun. Tak lama setelah itu, mereka akan diarahkan ke papan Padlet pertama Anda.

Lalu ada satu pertanyaan lagi yang perlu dijawab: Bagaimana cara memposting sesuatu di Padlet? Nah, ada beberapa cara untuk melakukannya:

  • klik dua kali di mana saja di papan;
  • seret file ke dalam;
  • tempel dari papan klip;
  • simpan sebagai bookmark dengan Padlet mini ;
  • atau cukup klik tombol '+' di pojok kanan bawah.

30 Cara menggunakan Padlet di dalam kelas

Padlet mencapai sejauh imajinasi Anda. Andalah yang membuat aplikasi pendidikan seperti ini sangat kuat. Jadi, izinkan saya memberi Anda beberapa ide padlet untuk di dalam kelas.

1. Brainstorming tentang topik, pernyataan, proyek, atau ide

Ide pelajaran ini mungkin yang paling populer di kalangan guru. Itu sebabnya saya menempatkannya di urutan pertama dalam daftar ini.

Berikan pernyataan yang harus didiskusikan siswa atau proyek yang harus didiskusikan siswa. Bagikan papan tulis dan biarkan siswa membagikan ide dan komentar mereka. Dengan cara ini, setiap siswa dapat melihat apa yang dipikirkan orang lain. Anda dapat mendiskusikan beberapa jawaban yang diberikan dengan seluruh kelas.

Mari kita coba untuk posting ini. Saya membuat daftar 30 cara menggunakan Padlet, tetapi ada lebih banyak ide pelajaran dengan Padlet. Mengapa tidak membaginya dengan semua orang? Bagaimana Anda menggunakan Padlet di kelas Anda selain dari yang sudah ada dalam daftar ini?

Cukup klik tautan ini , dan mulailah berkolaborasi. Saya sangat ingin tahu tentang berapa banyak ide yang akan kita dapatkan! Tidak ada yang bisa disumbangkan? Kemudian lihat saja! Setelah beberapa saat, papan harus berisi banyak ide Padlet kelas yang menyenangkan.

2. Bank soal langsung

Biarkan siswa Anda mengajukan pertanyaan selama pelajaran. Ini sangat berguna ketika siswa tidak memahami sesuatu atau membutuhkan penjelasan yang lebih baik. Hentikan pelajaran Anda 10 menit lebih awal dan selesaikan pertanyaannya.

Dengan cara ini siswa yang takut untuk bertanya masih dapat mengajukan pertanyaan mereka secara anonim. Ini memberikan suara untuk setiap siswa di ruangan itu, bahkan untuk yang pemalu.

3. Mengumpulkan tugas siswa

Gunakan Padlet untuk mengumpulkan tugas siswa, semuanya di satu tempat. Jangan menggunakannya untuk pekerjaan rumah biasa, karena semua siswa lain dapat melihat apa yang telah dilakukan siswa lain. Gunakan untuk artikel dan penelitian tentang suatu topik.

Ketika Anda membiarkan siswa Anda melakukan penelitian, misalnya, 'penyair sejarah yang hebat', Anda memiliki semua artikel dan penelitian di tempat yang sama. Siswa lain dapat melihat penelitian orang lain juga.

Ketika hari puisi internasional, Anda dapat meminta siswa Anda untuk memposting puisi yang mereka sukai.

4. Portofolio siswa online

Gunakan Padlet sebagai alat portofolio siswa. Buat papan untuk setiap siswa dan biarkan mereka memposting tugas, artikel, dan proyek di dalamnya. Sebagai seorang guru, Anda dapat mengomentari masing-masing dan memberikan umpan balik yang berarti.

Setiap kali seorang siswa menemukan sesuatu yang berguna untuk portofolionya, dia hanya perlu menyimpannya di papan Padlet portofolionya. Tidak ada lagi mengedit dan mencetak artikel.

5. Tiket Keluar Padlet

Biarkan siswa Anda menjawab beberapa pertanyaan tiket keluar penting seperti "apa yang Anda pelajari hari ini?", "Apa yang tidak Anda mengerti?" atau “Pertanyaan apa yang masih Anda miliki?”.

Semakin membaik…

Berikut adalah beberapa permintaan tiket keluar lainnya yang dapat dijawab oleh siswa Anda:

  • Tuliskan tiga hal yang Anda pelajari hari ini.
  • Jika Anda harus menjelaskan pelajaran hari ini kepada seorang teman, apa yang akan Anda katakan padanya?
  • Pertanyaan apa yang Anda miliki tentang apa yang kita pelajari hari ini?
  • Bagian mana dari pelajaran yang menurut Anda paling sulit?
  • Apa yang Anda ingin saya ulangi lagi pelajaran berikutnya?
  • Tuliskan dua pertanyaan yang akan Anda masukkan ke dalam kuis tentang pelajaran hari ini.
  • Apa poin utama yang kita bahas hari ini?
  • Apakah kegiatan kelompok berkontribusi pada pemahaman Anda tentang topik? Mengapa?
  • Baca soal ini… Apa langkah pertama Anda untuk menyelesaikannya?
  • Saya menggunakan aplikasi X secara ekstensif hari ini. Apakah itu membantu? Mengapa atau mengapa tidak?

6. Pemecah Kebekuan: 2 kebenaran dan 1 kebohongan

Biarkan siswa Anda memposting selfie dan menambahkan 2 kebenaran dan 1 kebohongan tentang diri mereka sendiri. Terserah siswa lain untuk mencari tahu mana yang bohong. Anda akan terkejut dengan seberapa baik siswa bisa berbohong!

7. Akhir tahun ajaran: Berikan pujian

Tambahkan semua foto kepala siswa Anda di papan Padlet atau biarkan mereka menambahkan gambar. Kemudian, setiap orang harus menulis setidaknya satu pujian sebagai komentar di bawah foto semua orang.

Ini adalah perpisahan yang menyenangkan karena mereka akan pergi ke tahun depan. Semua orang suka pujian!

8. Waktu kelulusan

Ketika siswa lulus, Anda ingin sesuatu untuk mengingat mereka. Apa cara yang lebih baik untuk membiarkan mereka mengisi waktu terbaik mereka sebagai siswa di sekolah Anda.

Cukup buat papan dengan pertanyaan “apa hal paling menyenangkan yang kamu lakukan di sekolah ini?”

Pertanyaan lain bisa berupa:

  • Siapa guru favoritmu? Mengapa?
  • Apa yang akan Anda lakukan lagi 100 kali jika Anda bisa?
  • Apa yang tidak akan pernah kamu lupakan?
  • Apa hal yang paling kamu rindukan?
  • Apa yang paling kamu suka dari sekolah ini?

9. Acara sekolah

Saat open house di sekolah Anda, Anda dapat meninggalkan tablet di pintu keluar, sehingga orang tua dapat menambahkan pos di dinding Padlet Anda. Mintalah komentar di "dinding tamu" Anda, atau untuk kesan pertama mereka tentang sekolah. Anda bahkan dapat meminta beberapa ide baru yang inovatif yang akan membuat sekolah menjadi tempat yang lebih baik.

10. Peta “Berpikir”

Gunakan dinding Padlet bagi siswa untuk membuat berbagai peta berpikir atau mind map. Anda dapat mengunggah latar belakang khusus untuk membantu mereka dengan tata letak dan mereka dapat mulai menambahkan catatan Post-it ke peta alur, peta pohon, atau bahkan format peta lingkaran.

11. Komunikasi kelas

Familiar dengan aliran Google Classroom? Nah, Anda bisa melakukan hal yang sama dengan Padlet. Gunakan tata letak aliran Padlet dan komunikasikan tugas dan materi pelajaran penting kepada siswa Anda dengan menambahkan postingan ke aliran komunikasi.

Anda bahkan dapat menambahkan beberapa latihan BookWidgets yang menyenangkan di aliran.

12. komunikasi orang tua

Gunakan tata letak aliran yang sama seperti dalam ide komunikasi kelas untuk berkomunikasi dengan orang tua. Aktifkan pemberitahuan email sehingga Anda menerima email setiap kali orang tua memposting di dinding Padlet. Dengan cara ini Anda tetap di atas semua posting dan pertanyaan potensial.

Gunakan aliran untuk pembaruan kelas yang menyenangkan. Melakukan percakapan pribadi bukanlah ide terbaik karena orang tua lain dapat melihatnya.

13. Diskusi buku

Ketika seluruh kelas harus membaca buku yang sama, akan menyenangkan untuk membuat diskusi tentang karakter, hal-hal yang dilakukan orang dalam buku, makna tersembunyi, plot twist, dll. Anda bahkan dapat membiarkan mereka membuat sekuel dari buku tersebut.

14. Pengetahuan sebelumnya

Cobalah untuk mencari tahu apa yang sudah diketahui siswa tentang topik yang akan Anda ajarkan. Pengetahuan awal apa yang siswa Anda miliki tentang topik tertentu dan apa yang tidak mereka ketahui? Siswa hanya memposting pengetahuan mereka di Padlet, sehingga Anda dapat melihat bagaimana membangun pelajaran Anda.

15. Analisis kutipan

Mulailah pelajaran dengan kutipan yang berkaitan dengan topik pelajaran. Biarkan siswa Anda bertukar pikiran tentang apa kutipan itu dan apakah itu memiliki makna tersembunyi atau tidak.

Siswa akan mulai menggali sangat dalam mencari makna yang tersembunyi, meskipun tidak ada. Anda akan tertawa dengan cerita dan teori yang mereka buat!

16. Peristiwa terkini

Untuk berbicara tentang peristiwa terkini, Anda dapat membiarkan siswa menabahkan artikel di papan Padlet untuk hari berikutnya. Setiap hari siswa yang berbeda harus menambahkan artikel lain. Sebuah cara yang menyenangkan untuk pergi melalui peristiwa terkini dalam seminggu.

17. Dinding ulang tahun

Saat ulang tahun siswa, Anda dapat membuat dinding Padlet di mana setiap siswa harus menulis beberapa ucapan selamat ulang tahun yang bagus.

Anda dapat melakukan hal yang sama untuk teman sekelas yang sakit. Alih-alih ucapan selamat ulang tahun, Anda membiarkan mereka menulis beberapa catatan yang bagus atau menambahkan beberapa gambar yang bagus.

18. Buletin kelas

Biarkan siswa Anda menjadi reporter buletin kelas. Kumpulkan semua artikel dan permainan di papan Padlet, dan setelah selesai, bagikan tautannya dengan orang tua mereka atau sekolah yang lengkap.

19. Kumpulkan umpan balik guru

Sesekali, Anda harus meminta umpan balik dari siswa Anda. Buat dinding Padlet hanya untuk itu dan pastikan untuk membiarkan siswa berkomentar secara anonim. Dengan cara ini mereka akan lebih jujur. Jangan lupa untuk benar-benar melakukan sesuatu dengan umpan balik yang mereka berikan kepada Anda.

20. Pesan Daftar Keinginan

Siswa mungkin tidak selalu memilih buku mereka sendiri untuk dibaca untuk resensi buku karena guru belum membacanya. Sayang sekali, karena siswa tidak akan bersemangat membaca seperti itu.

Biarkan siswa Anda menambahkan beberapa buku di papan daftar keinginan Padlet. Anda dapat memilih 5 buku (atau lebih jika Anda mau) yang lolos pemeriksaan.

21. Kotak saran di perpustakaan

Sama seperti daftar keinginan buku di atas, siswa dapat memberikan beberapa saran buku yang ingin mereka baca. Perpustakaan akan melihat ke dalam buku dan membelinya jika itu adalah beberapa saran yang bagus.

22. Atasan dan tip

Gunakan Padlet untuk penilaian sejawat. Biarkan siswa menambahkan dua 'atasan' dan satu 'tip' di dinding Padlet rekan mereka yang baru saja menyelesaikan presentasinya.

Atasan adalah hal-hal yang siswa lakukan dengan baik dan tip bisa menjadi sesuatu yang harus ditingkatkan siswa di waktu berikutnya.

23. Geocaching

Untuk latihan fisik, siswa harus lebih banyak berjalan kaki. Biarkan siswa Anda melakukan geocaching dan biarkan mereka memposting foto diri mereka dan harta karun itu ke papan Padlet. Ini akan mendorong yang lain untuk menemukan harta karun juga.

24. Mencatat

Sambil mendengarkan guru, siswa dapat bekerja sama dan menambahkan catatan ke dinding Padlet untuk membuat dinding dengan sumber daya yang dapat mereka gunakan nanti.

Sebagai seorang guru, Anda bisa melakukan hal yang sama dalam rapat staf.

25. Agenda kelas

Gunakan papan Padlet untuk berbagi setiap tanggal penting dengan siswa Anda sehingga mereka memiliki sesuatu untuk dinantikan. Ini bisa berupa hari libur dan hari bebas, kunjungan lapangan, acara sekolah, dan ulang tahun siswa.

26. Video lucu waktu luang

Bersenang-senang di antara dua pelajaran harus diperbolehkan dari waktu ke waktu. Biarkan siswa Anda menambahkan video lucu ke papan Padlet. Jadi setiap siswa dapat bersenang-senang selama istirahat pelajaran. Pastikan untuk memasukkan beberapa aturan dan untuk memeriksa video di dinding.

27. Lengkapi ceritanya

Buat sebuah cerita dan tanyakan kepada siswa bagaimana cerita itu harus dilanjutkan. Siswa dapat memposting ide mereka di Padlet. Terakhir, ambil beberapa ide siswa Anda dan lengkapi ceritanya. Anda akan memiliki beberapa cerita lucu!

28. Perencanaan Acara

Saat Anda merencanakan kunjungan lapangan atau pesta kelas, Anda dapat memposting semua yang perlu Anda pikirkan dan atur di papan Padlet. Ini dapat mencakup gambar tujuan, daftar siapa yang membawa apa, tautan ke situs web penting, dan banyak lagi.

29. Ide licik

Bagikan dinding Padlet dengan rekan guru Anda dan biarkan mereka memposting ide-ide licik untuk hari ayah, hari ibu, hari valentine atau hanya untuk kelas kerajinan mingguan. Dengan cara ini Anda mendapatkan inspirasi dari guru lain dan mencoba hal-hal baru.

30. Bookmark dengan Padlet mini

Gunakan Padlet mini untuk mem-bookmark artikel menarik di internet. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mencari artikel atau ide kreatif tersebut. Sebagian besar waktu Anda tidak dapat menemukannya lagi. Buat papan Padlet yang berbeda seperti "Ide pengelolaan kelas", "Ide dekorasi kelas", "aplikasi pendidikan untuk dicoba", dll.

Jadi sekarang giliran Anda! Bagaimana Anda menggunakan Padlet? Mari kita sekarang dan menyumbangkan ide-ide Anda pada Padlet ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar