Kamis, 08 Oktober 2015

ice breaking

Ikuti
instruksi saya!”
Sekarang
silahkan anda pilih angka antara 1-10. Sudah?
Ini akan menjadi angka rahasia Anda.
Sekarang
kalikan angka rahasia anda dengan 2. Sudah ?
Kemudian
hasil perkalian tadi tambahkan dengan 8, lakukan sekarang. Sudah?
Sekarang
hasil tersebut anda bagi 2.
Oke
saya beri waktu anda menghitungnya.
Anda
masih ingat angka rahasia anda diawal tadi?
Sekarang
kurangkan hasil perhitungan kita tadi dengan angka rahasia anda!
Bila
sudah kini anda ubah hasil pengurangan tersebut ke dalam abjad, misalnya bila
hasilnya 1 maka jadi A, bila hasilnya 2 jadi B, 3 jadi C, 4 jadi D, 5 jadi E…
dan seterusnya.
Anda
paham?
Kini
anda telah memiliki huruf abjad rahasia yang orang lain tidak mengetahuinya,
termasuk saya. Dan saya ingin anda memikirkan nama salah satu negara di dunia
dengan menggunakan huruf abjad rahasia anda. Jadikan huruf abjad tersebut
sebagai huruf awal nama suatu negara.
Sudah?
Bila
sudah saya ingin anda pikirkan nama hewan, tapi tunggu dulu..
Pilih
nama hewan tersebut menggunakan huruf kedua dari nama negara yang anda pilih.
Begini, misalnya nama negara yang saya pilih INdonesia, nah huruf keduanya adalah
N maka hewan yang saya pilih adalah NURI (nuri adalah hewan dari jenis burung).
Oke
apakah anda sudah mendapatkan nama hewan yang sesuai dengan huruf kedua dari
nama negara yang anda pilih?
Berarti sekarang Anda punya 1 nama
negara dan 1 nama hewan ? Tuliskan diatas kertas dan simpan didalam saku. Saya
akan coba membaca gelombang fikiran Anda.
Ok, saya telah berhasil membaca
gelombang fikiran Anda…
Kemudian saya tuliskan di papan
tulis : ”Di negara DENMARK memang banyak terdapat burung ELANG, tapi mungkin
tidak ada ENTOK disana..”
Kemudian saya memintanya untuk menunjukkan kepada
siswa lain nama negara dan hewan yang tadi ditulisnya. Suasana hening
sejenak, semua peserta diam dan bertanya-tanya, hingga sepuluh detik kemudian
baru terdengar tepuk tangan mereka.
Begitulah Ice Breaking, selalu membuat siswa tertarik
untuk mendengarkan apa yang kita bicarakan. Namun yang perlu diingat adalah
bahwa kegembiraan yang ditimbulkan dalam Ice Breaking tidak boleh hanya membuat
suasana jadi riuh dan menimbulkan kesenangan yang hanya bersifat hura-hura,
atau kemeriahan yang tak berarti apa-apa. Kegembiraan dalam Ice Breaking harus
berarti bangkitnya minat, adanya keterlibatan penuh, dan terciptanya makna
pemahaman, dan nilai-nilai yang bermanfaat pada diri para siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar