Rabu, 22 Agustus 2012

7 Tips dan Trik Berpidato atau Sambutan

7 Tips dan Trik Berpidato atau Sambutan

ilustrasi dari ruang-unikz.blogspot.com
Assalamualaikum, hai hai..!
Welcome back di Blog Riezka! Kali ini, saya sekedar ingin berbagi tips dan trik untuk adik-adik saat berpidato atau menyampaikan sambutan :
1. usahakan teks pidato dihapal (tidak dibaca), sehingga terlihat lebih lentur (tidak kaku).
2. berlatihlah di depan cermin untuk mengeksplorasi keterampilan berbicara. termasuk pemilihan gesture (gerakan) dan intonasi (tinggi rendah suara).
3. interaksi mata (contact eyes).
jangan menunduk, atau hanya memandang pada satu titik saja ketika berpidato. pandanglah semua hadirin secara menyeluruh untuk menguasai audiens.
4. lakukan latihan secara berulang hingga benar-benar lancar. bila perlu, ajak teman dan kerabat terdekat ketika latihan agar menghindari nervous di hari H.
5. http://matcuoi.com (A smile is the light in your window that tells others that there is a caring and sharing, -Denis Waitley).
artinya: senyum seperti cahaya di jendela yang memberitahu oranglain ada perhatian dan keinginan berbagi. Hal kecil tapi penting. senyum adalah salahsatu cara jitu untuk mendapatkan empati dari audiens.
6. Kesan pertama yang memesona…
Salam menjadi indikator apakah pidato yang disampaikan akan ‘menarik’ atau tidak. misal, jika menggunakan “Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh” atau “Selamat Pagi para Hadirin” maka katakan dengan PD (percaya diri) dan Lantang. tidak perlu teriak berlebihan, intinya salam pembuka harus diucapkan dengan J.e.l.a.s.
7. berdoa pada Tuhan YME, dan jangan lupa meminta restu dari orangtua sebelum naik mimbar.
oke adik-adik pembaca, goodluck ya. semoga berhasil. ;)
terima kasih sudah menyimak..
ada saran, kritikan, atau pendapat? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar